PROFIL
MI AL HIDAYAH TAPAKREJO
“MIDATAPA”
NSM/NPSN
: 111235050184 / 60714630
Alamat
: Dsn.Sumbermangku RT 01 RW 02 Ds.Tapakrejo
Kec.Kesamben
Kab.Blitar Jawa Timur Indonesia
Kopos
: 66191
Telph:
081 236 900 651
Email
: mialhidayah2010@gmail.com
PROFIL
MI
AL HIDAYAH TAPAKREJO
“MIDATAPA”
A. Sejarah singkat
MI
Al Hidayah Tapakrejo atau yang lebih di kenal dengan MIDATAPA adalah
sebuah lembaga Pendidikan Islam yang di didirikan oleh sejumlah Tokoh Keagamaan
,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemerhati Pendidikan di Desa Tapakrejo untuk mempunyai
sebuah Lembaga Pendidikan Islam setingkat Sekolah Dasar agar pendidikan
keagamaan di Desa Tapakrejo dan sekitarnya lebih berkembang.
Lembaga
ini didirikan pada tanggal 01 Mei 2010 yang sebelumnya telah didirikan Lembaga
Raudlatul Atfal /RA dan Madin/TPQ,sehingga keberadaan MI ini untuk melengkapi
Lembaga yang yang telah didirikan.Pada awal berdiri MI menempati sebidang tanah
wakaf dari seorang Tokoh Agama di Desa Tapakrejo kira –kira seluas 300 meter
pesegi.
Ditanah
tersebut telah berdiri beberapa lokal gedung yang di fungsikan sebagai ruang
kelas,ruang guru,ruang kamad,mushola dll,sehingga kelengkapan sarana dan
prasarana terpenuhi.Dan samapai saat ini MI Al Hidayah Tapakrejo terus
berkembang pesat ,baik dari sisi jumlah
siswa yang mendaftar,prestasi yang diraih baik tingkat kecamatan ,kabupaten dan
propinsi,dan sarana dan prasarana lain yang terus di lengkapi.Harapan kedepan
MI Al Hidayah Tapakrejo bisa menjadi Madrasah Unggulan yang menjadi pilihan
utama para wali murid untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.
B.
Visi
Visi
MI Al Hidayah Tapakrejo
Visi
“ Unggul dalam
prestasi,santun dalam pekerti
Dan Berbudaya lingkungan“
Penjabaran Visi Madrasah.
Unggul dalam prestasi :Indikatornya.
1.
Prestasi akademik
mencapai rerata naik 3,5 poin dari tahun 2018/2019.( NP )
2.
Prestasi non
akademik minimal B ( baik ).( NP)
3.
Dapat
menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat ( NK
)
4.
Dapat
menyelesaikan tugas yang ditanggungnya tanpa ketergantungan kepada orang lain.
( NK )
Santun dalam pekerti : Indikatornya.
1.
Dapat membedakan mana yang benar dan mana yang
salah.(
NK)
2.
Dapat memilih
yang lebih dipentingkan.(
NK )
3.
Menjalankan
Syari’at Islam dengan benar.( NK
)
4.
Menghormati Orang
Tua dan Guru.(
NK)
5.
Berkata-kata yang
sopan dan santun terhadap Orang Tua,Guru
,teman-temannya dan Masyarakat.( NK)
Berbudaya
lingkungan :Indikatornya
1. Berperilaku
hidup bersih,disiplin , jujur ,taat
aturan /tata tertib yang ada di Madrasah ataupun di Masyarakat.( NK)
2. Saling
menyayangi makluk Allah ( Manusia,Hewan dan Tumbuhan ).( NK
)
3. Peduli lingkungan bersih dan sehat baik di Madrasah maupun di rumah
masing-masing( NK)
4. Terbebasnya lingkungan sekolah dari jentik
nyamuk terutama Aedes aegypti.
5. Beperilaku pelestarian funsi lingkungan,mencegah terjadinya pencemaran( Tanah,Udara dan Air ) dan menghindarkan Kerusakan Lingkungan( NK).
Keterangan:
NP = Nilai Prestasi ( kognitif )
NK = Nilai Karakter positif
C.
Misi
MISI
MI Al Hidayah Tapakrejo
Misi
I.Standar Isi.
1. Menyusun kurikulum Madrasah yang
relevan/sesuai dengan/mengikuti pekembangan zaman
pendidikan dan memuat Pendidikan
Lingkungan Hidup.
2. Selalu melakukan up date,informasi baru yang ada
hubungannya dengan kurikulum demi relevansi dengan kebutuhan stakeholder.
II.Standar Tendik.
1. Meningkatkan Sumber Daya
Manusia ( SDM ) Guru dalam Proses Belajar Mengajarnya.
2. Kualifikasi Guru di MI Al Hidayah Tapakrejo Minimal S1 atau
D4.Keguruan/Kemadrasah Ibtidaiyahan?PGMI/PGSD.
3. Kualifikasi Tenaga Kependidikan
minimal S1/D4 sesuai tupoksinya.
4. Selalu mengupayakan
memperolehnya pengetahuan baru sesuai dengan perkebangan zaman/terkini.
III.Standar Proses.
- Melaksanakan proses
pembelajaran yang profesional dan penuh kreatif dan ino-fatif.
- Melaksanakan pembelajaran
ke Agamaan yang menumbuh kembangkan perilaku menjalankan syari’at dengan benar.
- Melaksanakan pembiasaan berlaku baik, jujur, tanggungjawab, kerja keras, cinta tanah air,
perilaku hidup bersih sehat yang ramah lingkungan dan amanah.
- Melaksanakan pembelajaran melalui proses mengamati, menanya, mencoba
(eksperimen) mengasosiasikan dan mengkomunikasikan (mengaplikasikan).
- Melaksanakan pemantapan
atau pendalaman materi terutama untuk
Siswa kelas VI
- Melaksanakan pembinaan
terhadap siswa yang kurang mampu dalam hal
baca dan tulis baik latin maupun arab.
- Melaksanakan
pembelajaran dan pembiasaan untuk menumbuhkembangkan
budaya peduli
ingkungan.
- Melaksanakan Pembinaan / pembelajaran terkait dengan
proses Pemberantasan Sarang Nyamuk
terutama penyebab sakit Demam Berdarah Dengue ( PSN-DBD ).
- Melaksanakan
pembelajaran IPA, IPS dan Agama
terbuka, dengan sumber belajar dari lingkungan Madrasah .
IV.Standar
Sarpras.
- Mengupayakan tersedianya
buku-buku dan alat peraga yang
menunjang pelaksanaan Proses Pembelajaran.
- Mengupayakan tersedianya alat bantu untuk pendidikan lingkungan
hidup,pendidikan karakter yang akhlaqul karimah.
- Mengupayakan
tersedianya lingkungan madrasah yang memadai sebagai sumber ataupun media belajar bagi siswa.
V.Standar Kelulusan.
1.
Menetapkan kriteria kelulusan yang mengacu pada nilai Aklaq, Pengetahuan
dan budaya linghkungan.
2.
Meningkatkan mutu hasil belajar
dengan rata di atas 8,00
3. Meningkatkan Jumlah lulusan yang yang sesuai
harapan stakeholder.
VI.Standar Pengelolaan.
1. Melaksanakan
pembagian tugas lembaga sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
2.
Bekerja sama dengan Komite Madrasah dan Orang Tua Murid ,demi
terwujudnya hasil pendidikan yang diharapkan.
3.
Melaksanakan pengelolaan limbah air wudlu
untuk memelihara ikan dan untuk
pengairan tanaman di taman Madrasah/bekerja sama dengan stakeholder.
VII. Standar Pembiayaan.
1. Melakukan efisiensi dan optimalisasi biaya sesuai
dengan Peraturan Menteri Keuangan,.
2. Melakukan peningkatan
kewirausahaan demi lancarnya kegiatan Madrasah.
3. Menjalin kerja sama dengan wali
murid juga Komite Madrasah dalam pengadaan sarana dan prasarana.
VIII.Standar Penilain.
1. Melaksanakan penialain yang
berdasarkan pada sikap Akhlaqul Karimah.
2. Melaksanakan penilaian yng
berdasarkan pada Intelektual /ranah kognitif.
3. Melaksankan penilaian yang
berdasarkan pada karakter adat ketimuran.
4. Melaksanakan penilaian berbasis
perilaku terhadap cinta lingkungan sekitar.
5. Melaksanakan penilaian berdasar bukti outentik.
II.
Tujuan MI Al Hidayah
Tapakrejo
I.Standar Isi.
1.
Terwujudnya kurikulum Madrasah yang
relevan/sesuai dengan/mengikuti pekembangan dunia pendidikan dan yang memuat Pendidikan Lingkungan
Hidup.
2.
Terwujudnya
informasi terbaru terkait dengan perkembangan kurikulum.
II.Standar Tendik.
1.
Terwujudnya Sumber Daya Manusia ( SDM ) Guru yang mumpuni dalam Proses Belajar Mengajarnya.
2.
Terwujudnya kualifikasi Guru MI Al Hidayah
Tapakrejo lulusan S1 atau D4 Keguruan/
PGMI/PGSD.
3.
Terwujudnya kualifikasi tenaga kependidikan lulusan S1 atau D4 sesuai
dengan tupoksinya.
4.
Terwjudnya informasi2 pengetahuan yang terbaru sesuai dengan perkembangan
Zaman.
III.Standar Proses.
1. Terwujudnya proses pembelajaran
yang profesional dan penuh ino-fatif.
2. Terlaksananya pembiasaan
berlaku baik, jujur, tanggungjawab, kerja keras, cinta tanah air,perilaku
hidup bersih sehat yang ramah lingkungan
dan amanah.
3.
Terwujudnya pemantapan atau pendalaman
materi terutama untuk Siswa
kelas VI
4.
Terwujudnya pembinaan terhadap siswa yang kurang mampu dalam hal baca dan tulis baik
latin
maupun arab.
a.
Terlaksananya proses pembelajaran yang melalui mengamati,
menanya, mencoba (eksperimen), mengasosiasikan dan mengkomunikasikan
(mengaplikasikan ).
5. Terlaksananya pembelajaran
dan pembiasaan untuk menumbuhkembangkan budaya
peduli ingkungan.
6. Terwujudnya
proses pembelajaran IPA,IPS dan Agama dengan sumber belajar
lingkungan kolam penampungan limbah air wudlu.
IV.Standar
Sarpras.
1. Tersedianya buku-buku dan alat
peraga yang menunjang pelaksanaan Proses Pembelajaran.
2. Tersedianya Alat
bantu untuk pendidikan lingkungan
hidup,pendidikan karakter yang akhlaqul karimah.
3. Tersedianya
kolam sebagai penampungan limbah air wudlu dan sebagai sumber belajar siswa.
V.Standar Kelulusan.
1.
Terwujudnya kelulusan yang mengacu pada nilai
Aklaq,Pengetahuan dan budaya lingkungan.
2.
Terwjudnya generasi bangsa yang menjalankan syari’at
Islam dengan benar.
2. Terwujudnya mutu hasil
belajar dengan rata di atas 8,00
3. Terwujudnya jumlah lulusan yang
yang sesuai harapan stakeholder.
4.
Terbiasanya
berkata-kata yang sopan santun baik sesama teman,Guru dan Orang Tua.
5.
Terbiasanya
pelaksanaan Sholat Fardlu.
6.
Lulusan MI Al Hidayah
Tapakrejo dapat meneruskan kejenjang pendidikan yang Lebih tinggi.
7.
Terwujudnya
sikap terhadap pelestarian funsi lingkungan,mencegah terjadinya pencemaran( Tanah,Udara dan Air ) dan menghindarkan Kerusakan Lingkungan.
8.
Terwujudnya Lulusan
yang memiliki
pengetahuan dan kebiasaan hidup sehat
,terutama dalam menerapkan “ 3 M Plus
“.
9.
Terwujudnya lulusan yang
mempunyai karakter budaya lingkungan yang didasari dengan Assunah.
VI.Standar Pengelolaan.
1. Terwujudnya pembagian tugas lembaga sesuai dengan
tupoksinya masing-masing.
2.
Bekerja sama dengan Komite Madrasah dan Orang Tua Murid ,demi
terwujudnya hasill pendidikan yang diharapkan.
3.
Terwujudnya
warga madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup
( ramah
lingkungan ).
4.
Terwujudnya pemanfaatan limbah air wudlu untuk
memelihara ikan dan digunakan sebagai
sumber belajar guru maupun siswa.
VII. Standar Pembiayaan.
1. Terlaksananya efisiensi dan optimalisasi biaya sesuai
dengan Peraturan Menteri Keuangan,.
2. Terlaksananya peningkatan kewirausahaan demi lancarnya
kegiatan Madrasah.
3. Tersedianya dana untuk
pengadaan kolam sebagai penampungan limbah air wudlu yang digunakan sebagai sumber belajar siswa.
VIII.Standar Penilain.
1. Terlaksananya penialain yang
berdasarkan pada sikap Akhlaqul Karimah.
2. Terlaksananya penilaian yng
berdasarkan pada Intelektual.
3. Terlaksananya penilaian yang
berdasarkan pada karakter adat ketimuran.
4. Terlaksananya penilaian yang berbasis perilaku terhadap
cinta lingkungan sekitar.
5. Terlaksanakannya
penilaian yang berdasarkan bukti outentik.
D. Susunan Pengurus Lembaga
1.
Penasihat : Bapak Kepala Desa Tapakrejo
2.
Ketua Lembaga : Bapak G.Sjamsudin.W,S.Pd
3.
Anggota : Bapak Ahmad Nizar
: Bapak Slamet
: Bapak Sarmudji
4.
Komite Madrasah : Bapak Sukardi
E.
Dewan
guru
1.
Kepala Madrasah : Ismail Fatah,S.Pd
2.
Guru :
Yeni Alfitria,S.Sos
: Miftahul Roqhmah,S.Pd
: Yuli Setyawati,S.Pd
: Suhendrianto,M.Pd
: Riya April Liyana,S.Pd
: Tutik Minarti,S.Pd
: Siti Muslihah,S.PdI
: Istiqomah
3.
Tenaga Kependdkn : Hendrik Dwi Merdianto
: Putri Kusuma Dewi
: Deviana Putri Fatmawati
4.
Guru Utsmani : Mohammad Yasin
: Sugito
: Widyawati
5.
Petugas Kebersihan : Kadiono
F.
Sarana
dan Prasarana:
1.
Ruang kelas : 7 lokal
2.
Ruang Kamad : 1 lokal
3.
Ruang Guru : 1 lokal
4.
Mushola : 1 lokal
5.
Kamar kecil : 2 lokal
G. Sarana antar jemput:
1.
Mobil mitshubishi L 300
H. Program Extrakurikuler:
1.
Rebana
2.
MTQ
3.
SBQ
4.
Pramuka
5.
Drumband
6.
Tari
7.
Kaligrafi
8.
Lukis
9.
Olahraga
I.
Daftar
prestasi yang di raih:
1.
Juara 1 Jelajah Santri VI tingkat Jawa
Timur di Kota Batu Malang untuk kategori Scout First and Aids tahun 2019.
2.
Meraih 4 trofi pada Jambore Ranting
Kecamatan Kesamben tahun 2019.
3.
Meraih 6 trofi pada ajang Pesta Siaga
Kecamatan Kesamben tahun 2018
4.
Meraih Juara 2 terbaik regu putri pada
Jambore Kecamatan Kesamben tahun 2018.
5.
Meraih 10 besar pada ajang Pesta Siaga
Kecamatan Kesamben tahun 2017
6.
Meraih Juara Harapan 1 Putri pada
Jambore Ranting Kecamatan Kesamben tahun 2016.
Kunjungi blok kita yuk.....
BalasHapus