PROFIL MIDATAPA

PROFIL

           MI AL HIDAYAH TAPAKREJO 

“MIDATAPA

NSM/NPSN : 111235050184 / 60714630

 

Alamat : Dsn.Sumbermangku RT 01 RW 02 Ds.Tapakrejo

Kec.Kesamben Kab.Blitar Jawa Timur Indonesia

Kopos : 66191

Telph: 081 236 900 651

Email : mialhidayah2010@gmail.com

 

PROFIL

MI AL HIDAYAH TAPAKREJO 

“MIDATAPA”

 

A.   Sejarah singkat

MI Al Hidayah Tapakrejo atau yang lebih di kenal dengan MIDATAPA adalah sebuah lembaga Pendidikan Islam yang di didirikan oleh sejumlah Tokoh Keagamaan ,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemerhati Pendidikan di Desa Tapakrejo untuk mempunyai sebuah Lembaga Pendidikan Islam setingkat Sekolah Dasar agar pendidikan keagamaan di Desa Tapakrejo dan sekitarnya lebih berkembang.

 

Lembaga ini didirikan pada tanggal 01 Mei 2010 yang sebelumnya telah didirikan Lembaga Raudlatul Atfal /RA dan Madin/TPQ,sehingga keberadaan MI ini untuk melengkapi Lembaga yang yang telah didirikan.Pada awal berdiri MI menempati sebidang tanah wakaf dari seorang Tokoh Agama di Desa Tapakrejo kira –kira seluas 300 meter pesegi.

 

Ditanah tersebut telah berdiri beberapa lokal gedung yang di fungsikan sebagai ruang kelas,ruang guru,ruang kamad,mushola dll,sehingga kelengkapan sarana dan prasarana terpenuhi.Dan samapai saat ini MI Al Hidayah Tapakrejo terus berkembang pesat  ,baik dari sisi jumlah siswa yang mendaftar,prestasi yang diraih baik tingkat kecamatan ,kabupaten dan propinsi,dan sarana dan prasarana lain yang terus di lengkapi.Harapan kedepan MI Al Hidayah Tapakrejo bisa menjadi Madrasah Unggulan yang menjadi pilihan utama para wali murid untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

 

B.   Visi

Visi MI Al Hidayah Tapakrejo

Visi

“ Unggul dalam prestasi,santun dalam pekerti

Dan Berbudaya lingkungan“

Penjabaran Visi Madrasah.

 

Unggul dalam prestasi :Indikatornya.

1.   Prestasi akademik mencapai rerata naik 3,5 poin dari tahun 2018/2019.( NP )

2.   Prestasi non akademik minimal B ( baik ).( NP)

3.   Dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat ( NK )

4.   Dapat menyelesaikan tugas yang ditanggungnya tanpa ketergantungan kepada orang lain.

( NK )

 

Santun dalam pekerti : Indikatornya.

1.   Dapat  membedakan mana yang benar dan mana yang salah.( NK)

2.   Dapat memilih yang lebih dipentingkan.( NK )

3.   Menjalankan Syari’at Islam dengan benar.( NK )

4.   Menghormati Orang Tua dan Guru.( NK)

5.   Berkata-kata yang sopan dan santun terhadap  Orang Tua,Guru ,teman-temannya dan  Masyarakat.( NK)

 

Berbudaya lingkungan :Indikatornya

        1.     Berperilaku hidup  bersih,disiplin , jujur ,taat aturan /tata tertib yang ada di Madrasah ataupun di Masyarakat.( NK)

        2.     Saling menyayangi makluk Allah ( Manusia,Hewan dan Tumbuhan ).(  NK )

        3.     Peduli lingkungan bersih dan sehat  baik di Madrasah maupun di rumah masing-masing( NK)

        4.     Terbebasnya lingkungan sekolah dari jentik nyamuk terutama Aedes aegypti.

        5.     Beperilaku pelestarian funsi lingkungan,mencegah terjadinya pencemaran( Tanah,Udara dan Air ) dan  menghindarkan  Kerusakan Lingkungan( NK).

 

Keterangan:

NP = Nilai Prestasi ( kognitif )

NK = Nilai Karakter positif

 

C.   Misi

MISI MI Al Hidayah Tapakrejo

Misi

 

I.Standar  Isi.

1. Menyusun  kurikulum Madrasah yang relevan/sesuai dengan/mengikuti pekembangan zaman

     pendidikan dan memuat Pendidikan Lingkungan Hidup.

         2.  Selalu melakukan up date,informasi baru yang ada hubungannya dengan kurikulum demi relevansi dengan kebutuhan stakeholder.

 

II.Standar Tendik.

1.   Meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) Guru dalam Proses  Belajar  Mengajarnya.

2.   Kualifikasi Guru di MI Al Hidayah Tapakrejo Minimal S1 atau D4.Keguruan/Kemadrasah Ibtidaiyahan?PGMI/PGSD.

3.   Kualifikasi Tenaga Kependidikan minimal S1/D4 sesuai tupoksinya.

4.   Selalu mengupayakan memperolehnya pengetahuan baru sesuai dengan perkebangan zaman/terkini.

 

III.Standar Proses.

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang profesional dan penuh kreatif dan  ino-fatif.
  2. Melaksanakan pembelajaran ke Agamaan yang menumbuh kembangkan perilaku menjalankan syari’at  dengan benar.
  3. Melaksanakan pembiasaan berlaku baik, jujur, tanggungjawab, kerja keras, cinta tanah air, perilaku hidup bersih sehat yang ramah lingkungan dan amanah.
  4. Melaksanakan pembelajaran melalui proses mengamati, menanya, mencoba (eksperimen) mengasosiasikan dan mengkomunikasikan (mengaplikasikan).
  5. Melaksanakan pemantapan atau pendalaman materi terutama untuk     Siswa kelas  VI
  6. Melaksanakan pembinaan terhadap siswa yang kurang mampu dalam hal  baca dan tulis  baik  latin maupun arab.
  7. Melaksanakan pembelajaran dan pembiasaan untuk menumbuhkembangkan budaya peduli ingkungan.
  8. Melaksanakan  Pembinaan / pembelajaran terkait dengan proses Pemberantasan Sarang  Nyamuk terutama penyebab sakit Demam Berdarah Dengue ( PSN-DBD ).
  9. Melaksanakan pembelajaran IPA, IPS  dan Agama terbuka, dengan sumber belajar dari lingkungan  Madrasah .

 

IV.Standar  Sarpras.

  1. Mengupayakan tersedianya buku-buku dan alat peraga yang  menunjang pelaksanaan Proses Pembelajaran.
  2. Mengupayakan tersedianya alat bantu  untuk pendidikan lingkungan hidup,pendidikan karakter yang akhlaqul karimah.
  3. Mengupayakan tersedianya lingkungan madrasah yang memadai sebagai sumber ataupun  media belajar bagi siswa.

 

V.Standar Kelulusan.

1.   Menetapkan kriteria kelulusan yang mengacu pada nilai Aklaq, Pengetahuan dan budaya linghkungan.

2.   Meningkatkan mutu hasil belajar  dengan rata di atas 8,00

3.   Meningkatkan Jumlah lulusan yang yang sesuai harapan stakeholder.

 

VI.Standar Pengelolaan.

1.   Melaksanakan  pembagian tugas lembaga sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

2.   Bekerja sama dengan Komite Madrasah dan Orang Tua Murid ,demi terwujudnya  hasil pendidikan  yang diharapkan.

3.   Melaksanakan pengelolaan limbah air wudlu untuk memelihara  ikan dan untuk pengairan  tanaman di taman Madrasah/bekerja sama dengan stakeholder.

VII. Standar Pembiayaan.

1.  Melakukan  efisiensi dan optimalisasi biaya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan,.

2.  Melakukan peningkatan kewirausahaan demi lancarnya kegiatan Madrasah.

3.  Menjalin kerja sama dengan wali murid juga Komite Madrasah dalam pengadaan sarana dan prasarana.

VIII.Standar Penilain.

1.  Melaksanakan penialain yang berdasarkan pada sikap Akhlaqul Karimah.

2.  Melaksanakan penilaian yng berdasarkan pada Intelektual /ranah kognitif.

3.  Melaksankan penilaian yang berdasarkan pada karakter adat ketimuran.

4.  Melaksanakan penilaian berbasis perilaku terhadap cinta lingkungan sekitar.

5.  Melaksanakan penilaian berdasar bukti outentik.

 

II.   Tujuan MI Al Hidayah Tapakrejo

I.Standar  Isi.

1.   Terwujudnya kurikulum Madrasah yang relevan/sesuai dengan/mengikuti pekembangan dunia pendidikan dan yang memuat Pendidikan Lingkungan Hidup.

2.   Terwujudnya informasi terbaru terkait dengan perkembangan kurikulum.

 

II.Standar Tendik.

     1.       Terwujudnya  Sumber Daya Manusia ( SDM ) Guru yang mumpuni dalam Proses Belajar  Mengajarnya.

     2.       Terwujudnya kualifikasi Guru MI Al Hidayah Tapakrejo lulusan S1 atau D4 Keguruan/ PGMI/PGSD.

     3.       Terwujudnya kualifikasi tenaga kependidikan lulusan S1 atau D4 sesuai dengan tupoksinya.

     4.       Terwjudnya informasi2 pengetahuan yang terbaru sesuai dengan perkembangan Zaman.

 

III.Standar Proses.

1.   Terwujudnya proses pembelajaran yang profesional dan penuh   ino-fatif.

2.   Terlaksananya pembiasaan berlaku baik, jujur, tanggungjawab, kerja keras, cinta tanah air,perilaku hidup  bersih sehat yang ramah lingkungan dan amanah.

3.   Terwujudnya  pemantapan atau pendalaman materi terutama untuk     Siswa kelas  VI

4.   Terwujudnya pembinaan terhadap siswa yang kurang mampu dalam hal  baca dan tulis  baik

     latin maupun arab.

a.   Terlaksananya proses pembelajaran yang melalui mengamati, menanya, mencoba (eksperimen), mengasosiasikan dan mengkomunikasikan (mengaplikasikan ).

5.   Terlaksananya pembelajaran dan pembiasaan untuk menumbuhkembangkan budaya

     peduli ingkungan.

6.   Terwujudnya proses pembelajaran IPA,IPS dan Agama dengan sumber belajar

     lingkungan kolam penampungan limbah air wudlu. 

 

IV.Standar  Sarpras.

1.  Tersedianya buku-buku dan alat peraga yang  menunjang pelaksanaan Proses Pembelajaran.

2.  Tersedianya Alat  bantu  untuk pendidikan lingkungan hidup,pendidikan karakter yang akhlaqul karimah.

3.  Tersedianya kolam sebagai penampungan limbah air wudlu dan sebagai sumber belajar siswa.

 

V.Standar Kelulusan.

1.   Terwujudnya kelulusan yang mengacu pada nilai Aklaq,Pengetahuan dan budaya lingkungan.

2.   Terwjudnya generasi bangsa yang menjalankan syari’at Islam dengan benar.

2.   Terwujudnya mutu hasil belajar  dengan rata di atas 8,00

3.   Terwujudnya jumlah lulusan yang yang sesuai harapan stakeholder.

4.   Terbiasanya berkata-kata yang sopan santun baik sesama teman,Guru dan Orang Tua.

5.   Terbiasanya pelaksanaan Sholat Fardlu.

6.   Lulusan MI Al Hidayah Tapakrejo dapat meneruskan kejenjang pendidikan yang Lebih  tinggi.

7.   Terwujudnya sikap terhadap  pelestarian funsi lingkungan,mencegah terjadinya pencemaran( Tanah,Udara dan Air ) dan  menghindarkan  Kerusakan Lingkungan.

8.   Terwujudnya  Lulusan  yang  memiliki pengetahuan  dan kebiasaan hidup sehat ,terutama dalam menerapkan  “ 3 M Plus “.

9.   Terwujudnya lulusan yang mempunyai karakter budaya lingkungan yang didasari  dengan Assunah.

 

VI.Standar Pengelolaan.

1.   Terwujudnya  pembagian tugas lembaga sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

2.   Bekerja sama dengan Komite Madrasah dan Orang Tua Murid ,demi terwujudnya  hasill pendidikan  yang diharapkan.

3.   Terwujudnya warga madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan  hidup

 ( ramah lingkungan ).

4.                Terwujudnya pemanfaatan limbah air wudlu untuk memelihara ikan dan   digunakan sebagai sumber belajar guru maupun siswa.

 

VII. Standar Pembiayaan.

1.   Terlaksananya  efisiensi dan optimalisasi biaya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan,.

2.   Terlaksananya  peningkatan kewirausahaan demi lancarnya kegiatan Madrasah.

3.   Tersedianya dana untuk pengadaan kolam sebagai penampungan limbah air wudlu yang digunakan sebagai sumber belajar siswa.

 

VIII.Standar Penilain.

1.   Terlaksananya penialain yang berdasarkan pada sikap Akhlaqul Karimah.

2.   Terlaksananya penilaian yng berdasarkan pada Intelektual.

3.   Terlaksananya penilaian yang berdasarkan pada karakter adat ketimuran.

4.   Terlaksananya penilaian yang berbasis perilaku terhadap cinta lingkungan sekitar.

5.   Terlaksanakannya  penilaian yang berdasarkan bukti outentik.

D.  Susunan Pengurus Lembaga

1.   Penasihat                  : Bapak Kepala Desa Tapakrejo

2.   Ketua Lembaga         : Bapak G.Sjamsudin.W,S.Pd

3.   Anggota                     : Bapak Ahmad Nizar

: Bapak Slamet

: Bapak Sarmudji

4.   Komite Madrasah      : Bapak Sukardi

 

E.   Dewan guru

1.   Kepala Madrasah      : Ismail Fatah,S.Pd

2.   Guru                         : Yeni Alfitria,S.Sos

: Miftahul Roqhmah,S.Pd

: Yuli Setyawati,S.Pd

: Suhendrianto,M.Pd

: Riya April Liyana,S.Pd

: Tutik Minarti,S.Pd

: Siti Muslihah,S.PdI

: Istiqomah

3.   Tenaga Kependdkn   : Hendrik Dwi Merdianto

: Putri Kusuma Dewi

: Deviana Putri Fatmawati

4.   Guru Utsmani           : Mohammad Yasin

: Sugito

: Widyawati

5.   Petugas Kebersihan   : Kadiono

 

F.   Sarana dan Prasarana:

1.   Ruang kelas              : 7 lokal

2.   Ruang Kamad           : 1 lokal

3.   Ruang Guru              : 1 lokal

4.   Mushola                    : 1 lokal

5.   Kamar kecil               : 2 lokal

 

G.  Sarana antar jemput:

1.   Mobil mitshubishi L 300

 

H.  Program Extrakurikuler:

1.   Rebana

2.   MTQ

3.   SBQ

4.   Pramuka

5.   Drumband

6.   Tari

7.   Kaligrafi

8.   Lukis

9.   Olahraga

 

I.     Daftar prestasi yang di raih:

1.   Juara 1 Jelajah Santri VI tingkat Jawa Timur di Kota Batu Malang untuk kategori Scout First and Aids tahun 2019.

2.   Meraih 4 trofi pada Jambore Ranting Kecamatan Kesamben tahun 2019.

3.   Meraih 6 trofi pada ajang Pesta Siaga Kecamatan Kesamben tahun 2018

4.   Meraih Juara 2 terbaik regu putri pada Jambore Kecamatan Kesamben tahun 2018.

5.   Meraih 10 besar pada ajang Pesta Siaga Kecamatan Kesamben tahun 2017

6.   Meraih Juara Harapan 1 Putri pada Jambore Ranting Kecamatan Kesamben tahun 2016.


Share:

1 komentar:

Blogger news

Popular Posts

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Blogger templates